Profil setelah menyelesaikan tahap akademik dan tahap profesi:
Sarjana Keperawatan yang mampu memberikan asuhan keperawatan dan Ners yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan menggunakan pengetahuan dan keahlian dalam mengelola klien secara etis, dengan focus medical bedah serta mampu membuat keputusan secara mandiri dalam berbagai tahapan asuhan keperawatan (pengkajian, perumusan diagnosis keperawatan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi).
NO | PROFIL | DESKRIPSI |
1 | Care Provider
(Pemberi asuhan keperawatan) |
Lulusan program Pendidkan sarjana Keperawatan dan ners merupakan perawat profesional yang cerdas dan kompeten dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien dalam rentang sehat-sakit sepanjang kehidupan manusia di berbagai tatanan pelayanan keperawatan. Asuhan keperawatan yang diberikan didasari oleh ilmu keperawatan dan berbagai ilmu lainnya yang menunjang keperawatan. Lulusan harus mampu menggunakan pendekatan proses keperawatan. Sebagai pemberi asuhan keperawatan, perawat membantu klien meningkatkan kesehatannya secara mandiri dan atau dengan kolaborasi bersama tim kesehatan lain. Peningkatan kesehatan tersebut selain melalui tindakan pengobatan dan penyembuhan secara fisik, juga mencakup tindakan untuk mengembalikan kesejahteraan emosional, spiritual, dan sosial. Sebagai pemberi asuhan keperawatan, lulusan ners keperawatan juga diharapkan mampu membantu dan mendampingi klien dan keluarganya menetapkan tujuan dan mencapai tujuan tersebut secara efektif dan efisien. Pemberi asuhan Keperawatan tersebut dengan keunggulan Keperawatan Medikal Bedah. |
2 | Community Leader
(Pemimpin di komunitas)
|
Lulusan program pendidikan Sarjana Keperawatan dan Program ners dipersiapkan sebagai pemimpin yang kompeten, fleksibel, dan mampu memotivasi/ menyemangati orang lain di sekitarnya termasuk klien, keluarga, dan rekan kerja/ kolega di komunitasnya untuk beradaptasi terhadap adanya perubahan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif. |
3 | Educator (Pendidik) | Perawat profesional lulusan program Pendidikan Sarjana Keperawatan dan Program ners mampu menjadi pendidik melalui kegiatan transfer ilmu kepada klien, kelompok sejawat, tim kesehatan lain, dan disiplin lain. Dalam perannya sebagai pendidik, lulusan mampu menunjukkan model peran untuk menstimulasi, memotivasi, mengajar, dan menerima umpan balik |
4 | Manager
|
Perawat profesional lulusan program Pendidikan Sarjana Keperawatan dan Prgram ners pada saat memberi pelayanan kesehatan harus mampu melakukan fungsi manajemen keperawatan pada Manajemen praktik/ruangan pada tatanan rumah sakit maupun masyarakat.
|
5 | Researcher
(Peneliti Pemula} |
Perawat lulusan program Pendidikan keperawatan dan Program ners mampu melakukan penelitian bidang ilmu untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan yang diberikannya. Ners harus mampu mengidentifikasi kesenjangan antara teori asuhan keperawatan dengan praktek profesi yang diberikan, merumuskan masalah, dan
mengidentifikasi alternatif penyelesaian masalah. Pemilihan alternatif pemecahan masalah diperoleh melalui aktivitas studi kepustakaan, diskusi dengan pakar, atau menggunakan hasil riset keperawatan yang telah ada. Khususnya melakukan penelitian dalam bidang keunggulan Keperawatan Medikal Bedah.
|